AWAS !! Mandi menjadi STROKE jika Salah Urutan, Share

In News

Mandi merupakan kegiatan wajib yang kita lakukan berulangkali setiap hari. Tidak mungkin manusia normal pada umumnya tidak mandi kecuali ada situasi tertentu entah itu sedang sakit, atau dalam kondisi yang tidak kondusif. Banyak orang menyepelekan tata cara mandi yang benar, padahal jika mau menelaah resikonya sangatlah tinggi.

Sering kita mendengar ada orang jatuh dan mendadak terkena stroke di dalam kamar mandi. Yang jadi pertanyaan mengapa tidak di tempat lain? Perlu untuk direnungkan mengapa kita selalu mendengar kabar orang jatuh di kamar mandi akibat serangan stroke. Mengapa kita jarang mendengar orang jatuh akibat serangan strok ditempat tempat lain?

Download aplikasi nama bayi, klik DISINI

Mandi Berisiko Stroke

Prof Teguh menyebutkan, perubahan suhu yang tiba-tiba bisa menyebabkan stroke bila terjadi pada tipe-tipe orang dengan penyakit tertentu, yaitu:

  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan pembuluh darah (kardiovaskuler)
  • Gangguan darah

“Ini juga terjadi ketika tubuh yang kedinginan tiba-tiba diguyur air panas. Perubahan yang tiba-tiba ini yang menyebabkan stroke. Makanya kalau orang haji sering mengalami heat stroke (stroke karena kepanasan), karena belum terbiasa dengan suhu yang tiba-tiba panas,” lanjut Prof Teguh.

Seorang penceramah professor di universitas di Malaysia, UITM, yang juga terlibat dengan kegiatan olah raga negara menasihatkan supaya pada waktu mandi jangan membasahi kepala dulu, namun basahi bagian badan lainnya.

Berikut cara mandi yang benar :

1. Pertama siramkan air di telapak kaki.
2. Kemudian dilanjutkan dengan segayung di betis.
3. Segayung di paha.
4. Segayung di perut.
5. Segayung di bahu.
6. Berhentilah sejenak 5-10 detik

Stroke adalah gangguan fungsi otak karena adanya penyumbatan yang terjadi secara mendadak. Biasanya penderita tidak sadar. Bila tidak sadarnya itu hanya sebentar, optimistis masih bisa ditolong. Tetapi kalau berlangsung lama sampai 24 jam atau lebih, maka akan sulit dapat tertolong.

Maka, jika kita mau mandi contoh zaman dahulu, melihat orang tua dulu kalau mandi dibasuh kedua tangannya terlebih dahulu, kemudian kedua kakinya, kemudian badannya, terakhir baru kepalanya, karena itu orang zaman dulu usia di atas 105 tahun masih sehat, dan kembali dari hasil analisa tadi, bahwa penyebab kematian pada pengidap stroke, apalagi pada saat sedang di kamar mandi karena langsung mengguyur kepalanya dalam keadaan panas, maka jaringan syaraf di kepala kaget dan rusak maka terjadilah kematian di kamar mandi.

Tags: #mandi menyebabkan stroke #mandi yang benar #stroke

No related post!
Must read×

Top